Berita

Kementerian PUPR RI: Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Ditargetkan Selesai Mei 2023

Minggu, 22 Januari 2023 - 22:46
Kementerian PUPR RI: Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Ditargetkan Selesai Mei 2023 Pembangunan Pasar Induk Kota Batu sudah mencapai 84,31% dan ditargetkan selesai pada Mei 2023. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BOGOR, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) terus mempercepat penyelesaian pembangunan Pasar Induk Kota Batu untuk menunjang kegiatan perekonomian masyarakat di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

Konstruksi Pasar Induk Kota Batu sudah mencapai 84,31% dan ditargetkan selesai pada Mei 2023.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).

Kementerian-PUPR-RI-b.jpg “Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor riil atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” kata Menteri PUPR RI.

 

Pembangunan Pasar Induk Kota Batu dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR RI melalui pendanaan APBN tahun 2021-2023 senilai Rp168 miliar.

Lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan secara menyeluruh bangunan utama pasar dan fasilitas penunjangnya seperti tempat sampah, rumah pompa, dan lansekap.

Kementerian PUPR RI terapkan konsep gedung hijau

Kepala BPPW Kementerian PUPR RI Jawa Timur Muhammad Reva mengatakan pembangunan Pasar Induk Kota Batu merujuk pada Peraturan Menteri PUPR No. 2 Tahun 2015 tentang bangunan gedung hijau.

“Pasar ini akan mengutamakan efisien listrik, air, dan ramah lingkungan sehingga bangunan dipercaya aman, nyaman, sehat, ramah perempuan, anak dan difabel,” ucap Reva.

Pasar Induk Kota Batu dibangun setinggi 3 lantai di atas lahan seluas 44.525 m2 dengan luas bangunan lantai 1 seluas 14.900,62 m2, lantai 2 seluas 14.143.63 m2, dan lantai 3 seluas 6.032,86 m2.

Kementerian-PUPR-RI-c.jpg

Untuk pembagian bangunannya lantai 1 sebagai zona basah, lantai 2 sebagai zona kering, dan lantai 3 sebagai zona makanan dan kuliner. Jumlah kios Pasar Induk Kota Batu sebanyak 1.733 unit dan total los 1.033 unit.

Terbangunnya fasilitas pasar rakyat yang sehat dan higienis akan meningkatkan sarana perdagangan barang/jasa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sehingga dapat menyokong pertumbuhan perekonomian, khususnya Kota Batu dan Provinsi Jawa Timur.

Kehadiran Pasar Induk Kota Batu juga tidak hanya sebagai terminal komoditi pertanian atau distributor bahan pokok saja, tetapi diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung di Kota Batu, Malang dan sekitarnya, termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru.

Pasar Induk Kota Batu yang dibangun Kementerian PUPR RI ini berjarak sekitar 24,3 km dari Bandar Udara Abdulrachman Saleh Kabupaten Malang atau dapat ditempuh sekitar 52 menit menggunakan transportasi darat. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.