Berita

Ketua PMI Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Indonesia Tidak Takut Mendonor Darah

Senin, 14 Juni 2021 - 11:56
Ketua PMI Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Indonesia Tidak Takut Mendonor Darah Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla saat menyampaikan keterangan persnya di Jakarta (foto: Instagram/JK)

TIMES BOGOR, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama menjaga ketersediaan darah di tanah air.

Menurut Jusuf Kalla, ketersediaan kantong darah itu minimal 5,5 juta. Kebutuhan darah di tanah air harus ditopang dengan persiapan yang matang, artinya ketika dalam kondisi darurat darah siap didistribusikan.

"Secara perhitungan, kebutuhan kantong darah sebesar 2 persen dari total penduduknya. Jadi kalau di Indonesia penduduknya 227 juta, maka setidaknya kita butuh 5,5 juta kantong darah," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Oleh karena itu, dia mengajak semua lapisan masyarakat agar tidak keberatan untuk mendonorkan darah mereka. Kata dia, jika semua bangsa Indonesia bersatu, maka akan membuat bangsa yang sedang tertimpa musibah akan bangkit kembali.

Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) itu menjelaskan, selama ini donor darah selalu dilakukan pada momentum hari tertentu. Itupun selalu diinisiasi oleh sekelompok pemuda dan Komunitas.

Jika semua tergerak, dia yakin ketersediaan kantong darah dalam negeri akan terselamatkan. Oleh karenanya, JK mengajak semua sadar atas pentingnya mendonor darah.

"Selama pandemi ini, donor darah sukarela saja yang secara rutin mendonorkan darahnya itu yang secara rutin terjaga keberlanjutannya," imbuhnya.

Selanjutnya, Jusuf Kalla menambahkan saat ini PMI memiliki tempat donor darah lebih dari 250 lokasi yang dibuka selama 24 jam.

"Maka kita imbau kepada seluruh masyarakat yang biasa menjadi donor sukarela untuk menjaga waktu sehingga bisa menjaga stok darah untuk masyarakat. Kepada perusahaan dan organisasi yang secara rutin mendonorkan darahnya bisa diatur secara prokes. Kami butuh anda semua," kata Ketua PMI, Jusuf Kalla. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.