Berita

Libur Nataru, Stasiun Malang Tambah Dua Jadwal KA Jarak Jauh

Minggu, 10 Desember 2023 - 13:21
Libur Nataru, Stasiun Malang Tambah Dua Jadwal KA Jarak Jauh Calon penumpang kereta api di Stasiun Kota Malang. PT KAI akan menambah jadwal KA jarak jauh untuk antisipasi lonjakan penupang saat libur nataru. (foto: TIMES Indonesia)

TIMES BOGOR, MALANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya menjalankan sebanyak 11 perjalanan kereta api jarak jauh setiap hari yang berangkat dari Stasiun Malang, Jawa Timur, selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Luqman Arif, Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, menyatakan selama periode liburan akhir tahun tersebut, ada penambahan dua kereta api jarak jauh, yaitu KA Gajayana Tambahan dan KA Malioboro Express.

"Tambahan operasional KA ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru," ungkap Luqman.

Luqman menjelaskan bahwa dalam kondisi normal, setiap hari terdapat sembilan perjalanan kereta api jarak jauh dari Stasiun Malang. Namun, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, dilakukan penambahan kereta api jarak jauh.

Kedua kereta api jarak jauh tambahan tersebut, kata Luqman, melayani rute ke Jakarta (KA Gajayana Tambahan) dan Yogyakarta (KA Malioboro Express). Penambahan ini berlangsung dari tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

"KAI Daop 8 Surabaya menetapkan periode libur Natal dan Tahun Baru selama 18 hari," tambahnya.

Ia menegaskan bahwa selama periode tersebut, jumlah tempat duduk yang disediakan untuk keberangkatan kereta api dari Stasiun Malang mencapai 5.690 per hari. Secara total, selama periode Natal dan Tahun Baru, tersedia 102.420 tempat duduk untuk pelanggan.

Hingga 9 Desember 2023, KAI Daop 8 Surabaya mencatat penjualan sebanyak 39.829 tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Malang, dari total kapasitas tempat duduk yang telah disiapkan.

"Angka ini mencapai sekitar 40 persen dari kapasitas yang disediakan untuk perjalanan kereta api jarak jauh selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dari Stasiun Malang," ujarnya.

Secara keseluruhan, di wilayah kerja KAI Daop 8 Surabaya, terdapat 50 perjalanan kereta api yang dioperasikan, dengan enam di antaranya merupakan kereta tambahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.