Berita

Presiden RI Jokowi: Indonesia Masuk 35 Negara Paling Rawan Risiko Bencana di Dunia

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:39
Presiden RI Jokowi: Indonesia Masuk 35 Negara Paling Rawan Risiko Bencana di Dunia Bencana banjir di Indonesia. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMES BOGOR, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan, Indonesia masuk dalam 35 negara paling rawan risiko bencana di dunia.

Dari Februari 2020 sampai Februari 2021 saja, lanjut Kepala Negara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, sedikitnya ada 3.253 bencana di Indonesia, dari bencana hidrometeorologi hingga bencana geologi.

"Karena itu, dalam Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Jakarta, hari ini saya kembali mengingatkan agar dalam mengurangi risiko, aspek pencegahan dan mitigasi bencana harus diutamakan," tulis Presiden di Instagram resminya, Rabu (3/3/2021).

Ia mengatakan, pemerintah memang sudah memiliki Rencana Induk Penanggulangan Bencana 2020-2024 tetapi kita tidak boleh berhenti dengan rencana besar dalam jangka panjang saja. Yang paling utama adalah pelaksanaannya. Misalnya, standar bangunan tahan gempa fasilitas umum dan fasilitas sosial, harus dikawal dan diikuti dengan audit ketahanan bangunan agar sesuai dengan standar.

Kedua, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, kebijakan yang terintegrasi dari hulu sampai ke hilir, tidak ada yang namanya ego sektoral dan ego daerah dalam penanganan bencana. Semuanya saling mengisi, saling menutupi. Ketiga, manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat.

"Terakhir, edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait dengan kebencanaan harus terus-menerus ditingkatkan yang dimulai dari keluarga, melakukan simulasi bencana secara rutin di daerah-daerah yang rawan bencana, agar warga semakin siap menghadapi bencana," ujar Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.