https://bogor.times.co.id/
Berita

Siti Mukaromah Mengajak Mahasiswa untuk Berani Menjadi Pemimpin Nasional

Jumat, 15 September 2023 - 22:32
Siti Mukaromah Mengajak Mahasiswa untuk Berani Menjadi Pemimpin Nasional Siti Mukaromah saat berdialog dengan mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. (Foto: dok MPR RI)

TIMES BOGOR, JAKARTA – Anggota MPR RI dari Fraksi PKB, Siti Mukaromah, mengajak generasi muda Indonesia khususnya mahasiswa untuk memiliki keberanian menjadi pemimpin nasional. Ia menganggap bahwa saat ini, Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu menghadapi tantangan global di masa depan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Siti Mukaromah saat berdialog dengan mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Ia menjelaskan bahwa ajakannya ini bukan untuk saat ini, tetapi untuk memotivasi mahasiswa agar mulai mempersiapkan diri dengan belajar secara tekun.

Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiatif Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR RI dan berlangsung di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada tanggal 13 September 2023. Wakil Dekan FH.Kom Unika, Dr. Yohanes Budi Sarwo, SH, MH, juga turut hadir dalam acara tersebut.

Siti Mukaromah menegaskan bahwa saat ini, mahasiswa perlu menikmati proses pembelajaran di perguruan tinggi sebelum tampil sebagai pemimpin nasional suatu saat nanti. Namun, proses ini harus diisi dengan kegiatan-kegiatan berkualitas, termasuk kunjungan dan dialog seperti yang dilakukan di MPR RI.

Ia juga menyoroti pentingnya pengetahuan yang diperoleh mahasiswa di MPR RI, terutama mengenai tata negara, yang akan sangat berguna saat mereka memberikan edukasi tentang sistem negara dan politik kepada masyarakat di lingkungan mereka. Pengetahuan yang berasal langsung dari lembaga parlemen dianggap lebih relevan.

Selanjutnya, Siti Mukaromah memberikan penjelasan tentang tugas MPR RI dan komposisinya. Ia menjelaskan bahwa MPR RI adalah lembaga tinggi negara setara dengan DPR, DPD, dan Presiden. Keanggotaan MPR terdiri dari 711 anggota, yang terbagi menjadi 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD RI.

Ia juga menginformasikan tentang komposisi pimpinan MPR, yang mencerminkan kesetaraan dan keadilan. MPR memiliki 10 pimpinan, dengan 9 di antaranya mewakili seluruh fraksi di DPR dan 1 orang mewakili DPD.

Siti Mukaromah menjelaskan bahwa MPR RI memiliki tanggung jawab besar, seperti melantik Presiden dan Wakil Presiden terpilih, memberhentikan Presiden sesuai aturan, merubah dan menetapkan UUD, serta melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR.

Pada sesi akhir, Siti Mukaromah memberikan kesempatan untuk tanya jawab, dan beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan seputar implementasi UUD dan upaya pencegahan serta pemberantasan korupsi di Indonesia. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.