Berita

684 Ribu AstraZeneca Tiba di Indonesia

Kamis, 23 September 2021 - 14:54
684 Ribu AstraZeneca Tiba di Indonesia Vaksin AstraZeneca (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES BOGOR, JAKARTA – Pemerintah Indonesia kembali menambah jumlah ketersediaan vaksin Covid-19, setelah hari ini menerima 684.900 dosis vaksin jadi AstraZeneca melalui program kedatangan vaksin tahap 73. Kedatangan vaksin ini diharapkan bisa mempercepat tercapainya Indonesia Herd Immunity.

"Semua vaksin yang dipakai di Indonesia aman dan berkhasiat untuk melindungi kita dari gejala berat juga kematian akibat Covid-19. Jadi, masyarakat jangan ragu. Ayo cepat vaksin," kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan pers, Rabu (22/9/2021).

Data Kementerian Kesehatan per 21 September 2021 pukul 18.00 WIB mencatat sudah 81 juta orang mendapatkan vaksin dosis pertama dan 46 juta orang di antaranya telah mendapatkan dosis lengkap.

"Dengan kata lain, 39 per 100 orang penduduk sasaran vaksinasi di Indonesia telah mendapatkan vaksin dosis pertama," lanjut Nadia.

Vaksin-Astrazeneca.jpg

Untuk capaian vaksinasi Covid-19 kelompok remaja atau usia12 -17 tahun, saat ini sudah mencapai 12,68 persen dari sasaran vaksinasi dosis pertama. Sementara itu, capaian vaksinasi untuk dosis kedua atau dosis lengkap telah mencapai 8,68 persen dari sasaran vaksinasi.

“Pemerintah sangat mengharapkan dukungan para orangtua, untuk membantu para penerus bangsa kita segera mendapatkan proteksi dari virus corona," tambah Nadia 

Nadia menyoroti masih rendahnya cakupan vaksinasi bagi lansia yang belum menunjukkan peningkatan signifikan. Dari 21,5 juta sasaran vaksinasi, jumlah yang sudah mendapatkan dosis pertama masih berada pada kisaran angka 27,75 persen, sedangkan yang sudah mendapatkan dosis kedua sekitar 19,40 persen.

Vaksinasi untuk warga lanjut usia perlu didorong karena kelompok tersebut memiliki risiko kematian tertinggi jika terinfeksi Covid-19. Nadia mengharapkan petugas di daerah bisa memberikan kemudahan akses dan layanan sehingga lebih banyak warga lansia yang terjangkau vaksinasi. Selain itu, pemerintah juga mengajak keluarga para lansia untuk membantu mereka segera vaksin demi melindungi kesehatan kelompok rentan ini. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.