Gaya Hidup

Mengenal Sungai Han, Salah Satu Ikon Korsel yang Kerap Muncul di Drakor

Jumat, 15 September 2023 - 01:30
Mengenal Sungai Han, Salah Satu Ikon Korsel yang Kerap Muncul di Drakor Sungai Han, ikon kota Seoul Korsel yang kerap muncul di drakor. (FOTO: printerest)

TIMES BOGOR, JAKARTASungai Han salah satu ikon kota Seoul, Korea Selatan. Sungai sepanjang 514 km itu juga kerap muncul di drakor. Terbaru sungai tersebut menjadi lokasi utama dalam drama Han River Police

Sungai Han terletak di Gyeonggi, Seoul Korea Selatan dan memisahkan dua daerah yaitu Gangnam dan Gangbuk. 

Ada beberapa aliran sungai yang tersambung dengan sungai Han, yaitu sungai namhan yang bermata air di gunung Daedeok, sungai Bukha yang berhulu dari lembah gunung Geumgang di Korea Utara. 

SUngai-Blue.jpgDaya tarik Sungai Han di Korea Selatan, (Foto: unplash, Constant Loubier)

Aliran sungai Han akan bergabung dengan sungai Imjin lalu bermuara di Laut Kuning. 

Sungai Han juga memiliki anak sungai seperti Jungnancheon, Cheonggyecheon, Tancheon, dan Yangjaecheon.

Sungai Han salah satu lokasi bersejarah bagi Korea. Dulu, tiga kerajaan Korea pernah berperang untuk memperebutkan daerah sungai Han. Sebab sungai ini merupakan jalur perdagangan antara Korea-China. 

Namun sejak perang Korea pada tahun 1950, sungai Han sudah tidak digunakan sebagai jalur perdagangan. Karena muaranya terletak dalam perbatasan kedua negara Korea. 

Sungai dengan debit air yang besar ini memiliki 31 jembatan yang menghubungkan Gangnam dan Gangbuk. Jembatan itu dihias dengan lampu warna warni yang cantik disaksikan pada malam hari. Tak heran ya kecantikannya sering muncul di drakor.  

Tak hanya lampu, pemerintah Korea Selatan serius mmepercantik bantaran sungai Han supaya nyaman sebagai lokasi wisata yang murah meriah bagi warga dan wisatawan asing.

SUngai-Han-a.jpgCamping di Sungai Han (Foto: instagram.com/visitseoul_official)

Banyak fasilitas yang dibangun untuk menyedot wisatawan. Selain bangku taman yang nyaman disediakan juga jogging track, wahana air, camping ground  dan spot menarik lainnya. 

Pemerintah Korsel juga menyediakan kapal pesiar bernama Eland Cruise. Kapal berkapasitas 100 orang ini akan mengajak wisatakan menikmati sungai Han.   

Namun disisi lain, banyak orang putus asa yang memilih mengakhiri hidupnya di sunga Han. Karena kepolisian Korsel menyiapkan tim khusus yang bertugas patroli di sungai Han. 

Kisah polisi sungai Han diangkat dalam drakor berjudul Han River Police. Drama komedi aksi ini tayang on going di Disney+. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.