https://bogor.times.co.id/
Berita

Peringatan Nuzulul Quran di KJRI Sydney, Momentum Teguhkan Iman dan Tali Silaturahmi

Sabtu, 30 Maret 2024 - 02:36
Peringatan Nuzulul Quran di KJRI Sydney, Momentum Teguhkan Iman dan Tali Silaturahmi Peringatan Nuzulul Quran 1445 H digelar KJRI Sydney pada Kamis, 28 Maret 2024 (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMES BOGOR, AUSTRALIA – Konsulat Jenderal RI Sydney (KJRI Sydney) menggelar peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M pada Kamis (28/3/2024) malam waktu setempat.

Di momen tersebut, Konsul Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana menekankan bahwa peringatan Nuzulul Quran memberikan makna yang sangat penting bagi kita semua sebagai umat Islam. 

Makna penting tersebut tidak hanya dalam meneguhkan keimanan kita tapi juga dapat mewujukan tali silaturrahmi dan kebersamaan antar saudara kita seiman.

"Makna penting dalam memperingati Nuzulul Quran tidak hanya dalam meneguhkan keimanan kita tapi juga dapat mewujukan silaturrahmi antar saudara kita seiman" kata Konjen saat memberikan sambutan pada acara yang digelar di KJRI Sydney tersebut.

kjri-sydney-nuzulul-quran-02.jpg

Melalui peringatan Nuzulul Quran ini, khususnya diaspora dan komunitas Indonesia di Australia hendaknya dapat menggali banyak inspirasi untuk mengesampingkan ego pribadi, kelompok dan golongan dan justru sebaliknya justru seyogyanya diarahkan untuk memperkuat semangat kebersamaan kita.

Sementara itu H Dr Rahmawan Oktavianto Lc MA dalam tausiahnya menyampaikan dua hal penting untuk menjadikan pedoman yang hakiki dalam menerapkan kehidupan sehari-hari. 

Menurutnya, pertama kita harus berupaya memahami isi Al-Quran. Namun tentu tidak hanya berhenti sampai pada mempelajari terjemahan Al-Quran saja.

kjri-sydney-nuzulul-quran-03.jpg

"Untuk memahami ajaran Islam, tentunya yang harus dilakukan adalah memahami cara membaca Al-Quran itu sendiri, kemudian meningkat sampai kepada mempelajari tafsir dan ilmu-ilmu Al-Quran lainnya," ucap Dr Rahmawan.

Lebih lanjut Ustaz Dr Rahmawan menguraikan perbedaan penting antara terjemahan Al-Quran dan tafsir. 

Dia menjelaskan bahwa pada terjemahan hanya sebatas menyalin dari bahasa satu ke bahasa lainnya, dalam hal ini bermakna bahasa Arab diterjemahkan ke bahasa tertentu yang diinginkan. Sedangkan tafsir menurutnya memiliki pengertian yang lebih luas dan mendalam mengenai makna Al-Quran.

kjri-sydney-nuzulul-quran-04.jpg

Peringatan Nuzulul Quran di KJRI Sydney diawali dengan tilawah Al-Quran. Acara berlangsung dengan lancar dan khidmad.

Hadir pula di momen ini, tokoh organisasi masyarakat Islam di Sydney, Perhimpunan Pelajar Indonesia dan masyarakat umum lain serta staf KJRI Sydney. (*)

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.