https://bogor.times.co.id/
Olahraga

Hari Pertama Olimpiade Paris 2024, China Teratas

Sabtu, 27 Juli 2024 - 19:02
Hari Pertama Olimpiade Paris 2024, China Teratas Pnampilan pasangan Sarah Bacon dan Kassidy Cook dari Amerika Serikat saat meraih medali perak lewat penyelaman sinkron mereka.(FOTO: Getty Image)

TIMES BOGOR, JAKARTAChina bertengger di urutan paling atas peroleh medali emas setelah di hari pertama Olimpiade Paris 2024 mendulang dua emas dari cabang menembak senapan angin campuran dan nomor loncat papan sinkronisasi 3m putri.

Medali emas pertama Olimpiade Paris 2024  diperoleh Juara dunia penembak China, Huang Yuting dan Sheng Lihao Sabtu (27/7/2024) lewat kemenangan di nomor beregu campuran senapan angin 10m.

Duo remaja China itu mengalahkan pasangan Korea Selatan, Keum Ji-hyeon dan Park Ha-jun dengan skore16 -12 dalam pertandingan medali emas di Chateauroux Shooting Center.

Sedangkan emas kedua diperoleh pasangan Chen Yiwen dan Chang Yani lewat nomor loncat papan sinkronisasi 3m putri.

Chen dan Chang, yang berpasangan untuk memenangkan acara ini pada tiga Kejuaraan Dunia terakhir, mencetak total 337,68 poin di final untuk membawa pulang emas kedua bagi Tiongkok di Olimpiade Paris 2024.

Ini adalah medali emas Olimpiade keenam berturut-turut dalam cabang ini bagi Tiongkok sejak Olimpiade Athena 2004

Sementara itu tiga besar urutan kedua dan ketiga masing-masing dengan satu medali perak dikantongi Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Medali perak Korea Selatan diperoleh dari cabang olahraga menembak senapan angin 10 meter pasangan Park Ha-jun dan Keum Ji-hyeon setelah kalah dari pasangan China yang diadakan di Pusat Menembak Chateauroux di Chateauroux, 270 kilometer selatan Paris.

Sedangkan Amerika Serikat mendapatkan medali perak pertama di Olimpiade Paris 2024 ini dari cabang oleh raga loncat papan sinkronisasi 3 meter putri pasangan Kassidy Cook dan Sarah Bacon, setelah kalah dari pasangan China.

Hari pertama Olimpiade Paris 2024, Sabtu (27/7/2024) memperebutkan 14 medali emas dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Final beregu campuran senapan angin 10m menjadi cabang olahraga pertama yang memperebutkan medali emas di Olimpiade.

Cabang olahraga lain yang juga akan memperebutkan medali emas adalah menyelam, bersepeda (2 medali), judo, skateboard, rugbi tujuh, renang (4 medali), rugbi tujuh dan anggar.

Olimpiade Paris 2024, festival olahraga sedunia ini akan berlangsung selama dua setengah minggu dan akan  berakhir pada hari Minggu, 11 Agustus 2024.

Olimpiade  yang tertunda selama tiga tahun setelah Olimpiade Tokyo karena pandemi Covid-19 ini, juga menghadirkan cabang olahraga baru, seperti breakdancing (atau breaking).

Juga ada cabang olahraga modern lainnya seperti basket 3x3, BMX, selancar, skateboard, dan panjat tebing tetap ada dalam jadwal, tetapi karate dan bisbol telah dicoret.

Kemudian ada pertandingan besar tradisional yang juga harus diperhatikan, yakni 

Renang (Sabtu 27 Juli hingga Minggu 4 Agustus),

Senam artistik (Sabtu 27 Juli hingga Senin 5 Agustus)

Atletik (Kamis 1 hingga Minggu 11 Agustus), dan

Balap sepeda (Senin 5 Agustus hingga Sabtu 10 Agustus).

Dengan jadwal tambahan satu hari renang, berarti akhir pekan Olimpiade tengah akan menampilkan renang, senam, dan atletik di kedua hari untuk pertama kalinya.

Total ada 32 cabang olahraga yang dipertandingkab, dengan beberapa di antaranya dipecah lagi menjadi beberapa disiplin terpisah hingga menjadi 48.

Secara keseluruhan akan ada 329 pertandingan dan karenanya ada 329 medali emas yang diperebutkan.

Dan dihari pertama, China berada di urutan paling atas peroleh medali emas setelah mendulang dua emas dari cabang menembak senapan angin campuran dan nomor loncat papan sinkronisasi 3m putri Olimpiade Paris 2024. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bogor just now

Welcome to TIMES Bogor

TIMES Bogor is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.